Pertolongan pertama pada anak ketika demam

Rabu, 08 Februari 2012

Dahulu para ibu ketika menghadapi buah hatinya sakit demam mereka selalu memberikan pertolongan pertama sebelum dibawa ke dokter dengan mengompres dengan air dingin atau air hangat. kompres air dingin atau air es dirasakan ada perubahan atau penurunan demam pada si anak jadi secara turun temurun untuk pertolongan pertama ketika anak demam dengan kompres air dingin.
seiringnya waktu dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi cara diatas sudah tidak di anjurkan lagi tetapi para orang tua dapat memberikan anak yang demam dengan kompres air hangat karna lebih optimal dalam penyembuhan demam

Bagaimana cara mengetahui si anak demam atau tidak ?
Cara paling mudah dan paling gampang dengan meraba kening dan pipi si anak dengan telapak tangan kita bisa merasakan demam atau tidaknya tetapi cara ini kurang akurat tidak bisa menunjukan derajat demam si anak.
termometer adalah alat medis yang dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh.
Berapa batas anak bisa dikatakan demam?
Anak dikatakan demam bila suhu diatas 37.5°c
Kenapa kompres air hangat lebih optimal dalam penyembuhan demam?
Kedua metode kompres ini punya argumen pembenaran tersendiri sehingga sulit untuk disalahkan secara mutlak. kompres menggunakan air hangat didasarkan bahwa kompres dengan menggunakan air dingin itu sebenarnya tidak begitu efektif menurunkan panas. Karena kontak dengan air dingin maka pembuluh darah yang kontak dengan kain kompres dingin akan menyempit (vasokonstriksi) sehingga menyulitkan pengeluaran panas. Di samping itu, benda dingin yang ditempelkan di tubuh menyebabkan thermoregulator (pengatur suhu) yang terdapat di hipotalamus keliru memberi perintah. Perintah yang seharusnya menurunkan suhu berubah menjadi menaikkan suhu karena benda dingin yang menempel. Itulah sebab mengapa orang yang demam diberikan kompres menggunakan air dingin atau es akan lebih demam lagi saat kompres tersebut dihentikan. Lain halnya bila dilakukan kompres dengan air hangat. Pusat pengatur suhu menerima informasi bahwa suhu tubuh sedang berada dalam kondisi hangat, maka suhu tubuh butuh untuk segera diturunkan. Apalagi, saat demam kita memang merasa kedinginan meskipun tubuh kita justru mengalami peningkatan suhu. Kompres air hangat memiliki beberapa keuntungan, disamping membantu mengurangi rasa dingin, air hangat juga menjadikan tubuh terasa lebih nyaman.


2 komentar:

Anonim mengatakan...

siap maksih mas

Anonim mengatakan...

sip mas izin baca2

 
 
 
 
Copyright © e-W@rung69